Bagaimana agar hidup orang Indonesia lebih meningkat kualitasnya? Jawabannya selalu ada pada teknologi yang digunakan. Di bawah ini ada 7 teknologi yang bisa menyempurnakan kualitas hidup kita semua sebagai orang Indonesia. Yang nomer 7 siap digunakan tuh!

1.Teknologi Kota Pintar

Dengan semakin terintegrasinya internet dalam hidup sehari-hari, ini seharusnya bisa membuatnya bisa diakses di sudut manapun di sebuah kota. Teknologi kota pintar menyediakan hotspot yamg bisa diakses secara gratis di ruang publik. Di Indonesia, Bandung adalah kota yang diklaim telah menyediakan wifi yang 90%-nya gratis. Sementara itu kota Porto di Portugal telah berhasi menerapkan teknologi Wifi In Motion jadi dimanapun warganya berada, mereka akan selalu terkoneksi dengan internet! Keren ya?
Image via trendhunter.com dimuat di wowshack.com
Image via trendhunter.com dimuat di wowshack.com

2. Sistem Pembayaran Berbasis Mobile

Dengan teknologi ini semua orang bisa punya dompet digital yang bisa digunakan untuk pembayaran transaksinya. Contoh yang sudah dipakai adalah Apple Pay dimana pemilik Apple bisa menggunakan iPhone 6 sebagai pengganti kartu pembayaran. Selain itu, ada pula iPaymu yang menggunakan QR Code sebagai salah satu cara pembayaran yang menarik karena merchant tidak perlu memiliki mesin EDC untuk bisa mengaplikasikan teknologi ini.
Image via ipaymu.com
Image via ipaymu.com

3. Sistem Voting Elektronik

Di Indonesia yang termasuk salah satu negara demokratis terbesar di dunia, pemilihan kepala daerah atau presiden secara langsung bukan hal yang aneh lagi. Teknologi yang memungkinkan voting dengan sistem elektronik tentu menawarkan kepraktisan dan transparansi sehingga diharapkan meminimalisir kecurangan.
Image via http://www.greentechmedia.com/
Image via http://www.greentechmedia.com/

4. Teknologi Hijau

Inilah salah satu teknologi yang menurut mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, dibutuhkan dan sesuai dengan tantangan masyarakat Indonesia. Dikutip dari viva.co.id, teknologi hijau dibutuhkan untuk membantu penurunan emisi dengan menerapkan pembangunan hemat energi, meningkatkan penggunaan sumber energi terbarukan, seperti panas bumi, angin, dan surya, serta meningkatkan teknologi pengawasan hutan melalui satelit untuk mendeteksi hotspot kebakaran hutan.
Bahkan meski saat ini masih diperdebatkan beberapa engineer di luar negeri pernah menciptakan konsep jalanan yang memggunakan LED berteknologi surya.
Jalanan dengan LED berteknologi surya. Gambar dimuat di http://www.greentechmedia.com/
Jalanan dengan LED berteknologi surya. Gambar dimuat di http://www.greentechmedia.com/

5. Depot Swalayan

Bayangkan anda bisa mengirimkan surat di kantor pos dengan depot swalayan. Betapa praktisnya karena anda hanya perlu berhadapan dengan mesin. Depot swalayan ini sebagian mulai diterapkan contohnya oleh maskapai penerbangan yang memungkinkan penumpang untuk check in secara swalayan. Rasanya kami membutuhkan layanan seperti ini untuk memperpanjang paspor/SIM, membuat KTP, dan lain sebagainya. Setuju nggak?
Image via www.theguardian.com
Image via www.theguardian.com

6. Netflix

Ini barangkali bisa menjadi solusi untuk menghapus maraknya DVD bajakan yang menginjak-injak kekayaan intelektual seseorang. Netflix adalah layanan streaming untuk menonton film yang jumlahnya banyak sekali dan pada dasarnya user Netflix adalah penyewa DVD. Selain film, di Netflix pengguna juga bisa menonton acara TV tanpa menghabiskan banyak biaya berlangganan.
Image via www.digitaltrends.com
Image via www.digitaltrends.com

7. 8Share

8Share adalah platform yang bisa memberikan penggunanya bayaran jika mereka sebarkan content yang terdapat di dalam platform tersebut (aplikasi dan desktop), dan menghasilkan Unique Visit ke situs yang sudah ditentukan. Secara sederhana, pengguna 8Share adalah seorang buzzer yang akan diberi bayaran jika mereka berpartisipasi menyebarkan content tertentu.
Tidak seperti 6 teknologi di atas yang tidak sepenuhnya bisa digunakan di Indonesia, layanan 8Share sudah bisa digunakan secara meluas, menyusul kehadirannya di Malaysia, Filipina dan dalam waktu dekat, Vietnam.